top of page
  • Writer's pictureAdmin

Komunikasi dan bonding di masa pandemi

Hello Parents dan Hello Students

komunikasi dan bonding di masa pandemi



Sering kita mendengar dari anak - anak maupun orang tua, bahwa menjalani sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau online learning merupakan tantangan tersendiri. Sebagian besar yang menjadi perhatian dari anak dan orangtua dalam menjalani PJJ ini antara lain screen time atau durasi anak untuk melihat layar monitor baik handphone/ tablet/ laptop/ komputer, untuk anak - anak yang berusia kecil masih sulit untuk fokus lama dalam mengikuti pembelajaran online, orang tua mengalami kesulitan untuk mendampingi materi pembelajaran anak di rumah, dan berbagai macam tantangan lainnya. Selain itu interaksi antara siswa dengan guru dan interaksi sesama siswa yang hanya dapat dilakukan secara online juga dirasakan ikut memberikan pengaruh dalam semangat belajar anak - anak.


Membangun bonding atau kedekatan antara guru dan siswa, sesama siswa, ataupun guru dengan orangtua, diharapkan dapat membantu meningkatkan semangat serta kelancaran dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Sebagai bentuk upaya dan perhatian Olifant School untuk meningkatkan engagement dan keterlibatan anak dalam kegiatan pembelajaran, Olifant School mengadakan Hello Students. Ini merupakan wadah interaksi guru dan siswa dalam kelompok kecil terutama ditujukan untuk pendampingan perkembangan life skills and character building untuk anak. Bersifat ringan dan santai, siswa dapat menyampaikan kesulitan yang dihadapi, atau bercerita tentang hal ringan lainnya dengan teman. Untuk siswa di usia besar, kegiatan ini menjadi semacam ruang konsultasi bagi mereka. Kegiatan ini sama sekali tidak membahas topik pembelajaran dengan anak. Sekali waktu, dapat diisi juga dengan kegiatan story telling tentang hobi, atau bahkan menunjukkan hobinya untuk menghibur teman - teman lain dalam ruang Hello Students ini.


Melalui Hello Students, guru akan lebih dapat mengetahui situasi dan kondisi masing - masing anak secara intensif, sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengkreasikan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh supaya efektif bagi anak. Hal lainnya adalah pertimbangan mengenai pentingnya pendapat anak - anak sebagai subyek dalam kegiatan pembelajaran, karena dari pendapat mereka kita akan dapat mengetahui kebutuhan mereka yang dapat kita bantu.


Selain program untuk anak, juga diadakan program untuk orang tua. Peran orang tua sebagai rekan kerja sekolah penting untuk mendukung perkembangan Pembelajaran jarak Jauh siswa. Kegiatan ini diberi nama Hello Parents, merupakan sebuah ruang komunikasi 2 arah dimana wali kelas atau students advisor dan orangtua dapat bertemu dalam kelompok kecil. Dalam kegiatan ini orang tua dapat bercerita tentang perkembangan anak sehingga dapat berbagi tips dengan orang tua lainnya, tantangan dalam mendampingi anak, sistem pembelajaran yang masih belum dipahami, termasuk jika mengalami kendala teknis selama PJJ. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan saling memahami antara sekolah dan orangtua, serta membantu orang tua yang mengalami kesulitan dalam pendampingan kegiatan belajar anak. Selain bertanya atau menceritakan tentang perkembangan anak, ruang ini juga dapat digunakan untuk memberikan masukan yang membangun dalam kegiatan pembelajaran.


Komunikasi tentu memerlukan proses berkelanjutan supaya dapat terus memberikan kontribusi untuk pengembangan pendidikan anak. Bentuk komunikasi yang konstruktif dan saling memahami di antara stakeholder pendidikan akan dapat membangun budaya positif dalam sebuah institusi sekolah. Olifant menyadari akan ada banyak tantangan ke depan yang dihadapi dalam dunia pendidikan kita, sehingga penting untuk memperkuat komunikasi dan kerjasama dengan setiap pihak. Mari membangun budaya komunikasi positif sehingga apabila menemukan tantangan atau kesulitan, sekolah - siswa - orang tua dapat mencari solusi bersama.


Mariana Hastuti, S.Psi - Head of Creative and Program Development Olifant School.

349 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page