top of page
  • Writer's pictureAdmin

SCHOOL FOR PARENTS - Kenali dan Dampingi Anak Berbakat, Berpotensi, Superior dan Gifted


Setiap anak yang terlahir ke dunia telah memiliki keunikan dan membawa beragam potensi . Berbagai keunikan dan potensi inilah yang kemudian membedakannya dengan anak-anak lain sehingga tidak ada satu anakpun yang memiliki kesamaan dalam segala aspeknya dengan anak lainnya.

Berangkat dari beragamnya potensi dan keunikan anak, Olifant School kembali mengadakan School for Parents dengan tema “Kenali dan Dampingi Anak Berbakat, Berpotensi, Superior dan Gifted” dengan menghadirkan seorang Pembicara sekaligus Inisiator & Pembimbing Komunitas Anak Gifted dari Belanda yaitu dr.Drg. Julia Maria Van Tiel. Workshop berlangsung pada tanggal 18 Oktober 2016 di Boutique Hotel, Yogyakarta.

Dalam School for parents Bu Julia Maria mengatakan bahwa “Setiap anak yang terlahir unik membuat para orangtua harus memahami suatu keberagaman. Dalam sebuah kurva normal anak-anak khusus cenderung berada di sebelah kiri dan kanan. Dalam keberagaman tersebut muncul kategori sbb :

Dalam forum tersebut berlangsung diskusi bagaimana mengenali anak dengan potensi-potensi khususnya, dan yang cukup menarik perhatian dari para orangtua dan pendidik yang hadir adalah penjelasan mengenai anak-anak gifted. Dari penjelasan nara sumber, Anak Gifted adalah anak yang secara intelegensi memiliki kecerdasan luar biasa namun memiliki hambatan perkembangan karena adanya ketidakselarasan.

Mereka menunjukkan kemampuan yang berbeda jauh dimana pola perkembangannya tidak sinkron pada anak seusianya, dikombinasi dengan tingkat kemampuan kognitif yang sangat maju dan disertai dengan intensitas emosi (kedalaman perasaan) yang sangat kuat. Ketidakselarasan ini akan semakin meningkat dengan semakin tingginya kapasitas intelektual yang mereka miliki. Anak gifted juga cenderung mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan maupun teman sebaya sehingga hal tersebut muncul sebagai permasalahan bagi anak gifted.

Beberapa ciri-ciri yang bisa menunjukkan Anak Gifted antara lain kapasitas intelektual yang berada pada kisaran di atas rata-rata (High Potential Ability), Mempunyai kreatifitas yang tinggi , Menyukai tantangan, Mengalami kebosanan dan kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya, karena kosa kata, kepribadian & minat yang sangat berbeda untuk anak seusianya, serta Kecerdasan anak Gifted juga cenderung tidak merata di semua bidang, bisa lebih unggul pada satu kecerdasan tetapi juga lambat pada kecerdasan lainnya.

Di Olifant, kami mencoba memfasilitasi berbagai potensi-potensi yang anak miliki , salah satu program yang sedang berjalan adalah Olifant School Detective, sebuah program yang dirancang untuk anak-anak yang membutuhkan challenge lebih dalam proses belajarnya.

Dalam forum tersebut, nara sumber mengajak para orangtua dan pendidik yang hadir untuk lebih jeli mengamati perkembangan anaknya, serta tidak mudah melabel anak terindikasi suatu symptom tanpa observasi menyeluruh dan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten.

Mari parents, kita terus semangat belajar untuk menghasilkan generasi-generasi yang berkualitas.


424 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page